Selasa, 13 Maret 2012

Transportasi Kereta Kampus Kurang Diminati


GS. Universitas Sriwijaya memiliki kampus di dua wilayah yaitu di kota Palembang dan di Inderalaya. Banyak mahasiswa bertempat tinggal di Palembang yang berkuliah di kampus Inderalaya. Transportasi yang biasa mahasiswa gunakan kebanyakan bus mahasiswa dan bus umum dengan waktu tempuh 1 jam lamanya. Ada juga transportasi alternatif yang bisa digunakan untuk menempuh perjalanan dengan waktu singkat yaitu kereta kampus yang berada di stasiun kertapati Palembang.

Dalam media cetak Gelora Sriwijaya tahun 2008 pernah mengangkat tentang sejarah pembuatan stasiun kereta kampus Unsri. Pembuatan stasiun tersebut adalah salah satu langkah alternatif pihak universitas untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, dimana dulu banyak korban mahasiswa yang mengalami kecelakaan terutama mahasiswa berkendaraan pribadi. Akan tetapi, hingga saat ini kereta kampus masih belum banyak diminati mahasiswa. Hanya jika terjadi kemacetan para mahasiswa memenuhi kereta kampus tersebut.

Hal ini dikarenakan waktu keberangkatan kereta kampus pada pukul 07.30, hal tersebut sering membuat mahasiswa terlambat kereta karena masalah jarak tempuh menuju stasiun kertapati.  Selain itu ada beberapa indikasi lain yang membuat kereta kampus kurang diminati seperti jarak rumah mahasiswa yang jauh dari stasiun, waktu belajar akademik pagi, dan lainnya.
Menurut Fenny salah satu mahasiswa tinggal di Palembang mengatakan “jarak antara rumah dan stasiun jauh sehingga butuh biaya lagi dan juga tidak praktis”.(arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda