Selasa, 28 Februari 2012

Student Center Rampung, Namun Belum Bisa Difungsikan


GS. Selasa (28/2), Pembangunan gedung Student Center dan Perpustakaan Digital yang baru-baru ini menjadi sorotan segenap civitas akademika Unsri Indralaya terlihat sudah hampir selesai. Tidak ada lagi aktivitas pembangunan, meski begitu  masih banyak alat berat dan perlengkapan bangunan yang terlihat di sekitar gedung.  Bangunan abu-abu yang dibuat oleh sekitar dua ratus pekerja ini nampak megah dilihat dari kejauhan.
Berdasarkan keterangan Pak Darman, salah satu pekerja mekanik pembangunan gedung saat ditemui oleh kru GS Jumat, (17/2) “Pembangunannya sih sudah selesai, sekarang ini tinggal proses perawatan gedung dan pengisian perlengkapan di dalam gedung. Kerena bangunan masih kosong belum diisi apa-apa”, jelasnya. Beliau mengaku tidak tahu kapan pastinya gedung akan siap digunakan, karena itu merupakan perjanjian antara pihak perusahaan kontraktor dengan pihak kampus. 
Saat ini, gedung dijaga oleh dua orang satpam universitas dan beberapa pekerja perawatan gedung. PT. Waskita Karya yang memegang proyek pembangunan ini mendatangkan bahan-bahan bangunan langsung dari Batam karena untuk Sumatera Selatan sendiri belum tersedia.
            Bangunan yang berdiri di atas tanah seluas dua hektar ini memiliki empat lantai yang terdiri dari ruang perpustakaan digital, ruang aula berkapasitas 1000 orang, kamar penginapan, serta ruang skretariat yang kabarnya akan digunakan oleh ormawa-ormawa universitas untuk mempermudah pelaksanaan program kerjanya.
Selain mahasiswa, perpustakaan ini juga diperuntukkan bagi pemda dan umum, seperti kegiatan pelatihan/training, acara pesta, seminar-seminar, dll. Hal  ini merupakan strategi untuk menghidupkan aktivitas kampus di Unsri Indralaya. Dengan adanya fasilitas pendukung, yakni perpustakaan online, mobile, hotspot, serta penginapan selama 24 jam ini diharapkan dapat menjawab keluhan-keluhan mahasiswa dan masyarakat setempat mengenai kesulitan dalam mengadakan pergerakan. Lokasi yang lumayan jauh dari fakultas, yakni di dekat rusunawa dan asrama mahasiswa, membuat beberapa mahasiswa sempat mengeluh. Salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Unsri Indralaya mengatakan, ” Kalau aku lah sudah idak sabar lagi pengen menikmati fasilitas student center ini, tapi cak jauh nian tempatnyo. yo mudah-mudahan, hasilnyo nanti biso sesuai dengan harapan kito semua, amin.”. Banyak dari mahasiwa mengaku sangat penasaran dan tidak sabar untuk menikmati salah satu fasilitas kampus ini. Tetapi ada juga mahasiswa yang belum mengetahui pembangunan gedung abu-abu ini, karena sosialisasi yang kurang maksimal dari pihak kampus.
Meskipun secara fisik bangunan ini sudah rampung, namun belum ada yang bisa memastikan kapan fasilitas ini difungsikan termasuk keterangan dari Pembantu Rektor III Universitas Sriwijaya. “Kapan waktunya, saya tidak tahu, karena kewenangan ada pada bagian keuangan. Namun, yang jelas, keinginan kami, Student Center dapat segera difungsikan,” ungkap beliau. (slk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda