Minggu, 11 Maret 2012

Komunitas Tari UNSRI (Kotaru)


GS. Komunitas Tari UNSRI atau yang sering disebut Kotaru dibentuk sejak beberapa minggu yang lalu. Hingga saat ini tercatat lebih dari 200 mahasiswa telah melakukan registrasi dan mengirimkan formulir untuk menjadi bagian dari Kotaru. Meskipun usia Kotaru masih seumur jagung, namun telah terlihat banyak respon positif dari Mahasiswa UNSRI. Terbukti dipertemuan perdananya pada tanggal 24 Februari 2012 lalu, lebih dari 70 mahasiswa memadati Gedung Serba Guna FKIP.
Terbentuknya komunitas ini merupakan buah pemikiran dari beberapa mahasiswa yang mempunyai kegemaran dibidang tari, mereka adalah Yendi Aditian Putra (Pend.B.Ing’10), Firdhy Khirana EBA (Pend.B.Ing’10), Akbariyah Rahma (Pend.BK’10), Annisa Kurnia Wati (Pend.TM’10), dan Febri Rahma  Daniati (Pend.B.Ing’11). Tujuan terbentuknya komunitas ini ialah menjadi salah satu UKM di Universitas.
Namun, terbentuknya UKM tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya sudah adanya Badan Otonom di setiap fakultas, lambang, nama, visi dan misi, AD-ART, sekretariat sementara, dan anggota dari masing-masing fakultas berjumlah sedikitnya 10 % dari jumlah mahasiswa. Karena itu Kotaru tengah berusaha mememuhi persyaratan tersebut dan untuk saat ini kotaru masih berada dibawah naungan BEM FKIP.
Dalam aktivitasnya, Kotaru membagi tiga konsentrasi bidang tari yaitu tradisional, modern, dan klasik. Sayangnya untuk bidang klasik saat ini masih belum ada yang berminat. Untuk tari tradisional sedang berlatih Tari Gending Sriwijaya, Tari Tanggai, Tari Saman Aceh, dan Tari Nirmala. Dan modern dance diantaranya suffle dance, waving dance, tutting, moonwalk, dan break dance. Untuk pelatih masih dari anggota kotaru sendiri karena beberapa dari anggota yang sudah mempunyai basic dan berasal dari sanggar tari.
Meskipun belum terbentuknya kepengurusan yang tetap, komunitas ini bisa berjalan dengan lancar. Menurut salah satu anggota Kotaru, rencananya Kotaru akan mengadakan musra kepengurusan pada Bulan April mendatang. Saat ini Kotaru berlatih setiap hari di Gedung Serba Guna FKIP Indralaya dan untuk latihan wajib rutin dilaksanakan setiap hari sabtu di Gedung Serba Guna FKIP Indralaya.(dta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda