Minggu, 01 April 2012

April Mob?


GS. 1 April banyak di kenal dengan hari April Mob atau Fool’s Day yaitu hari dimana orang dapat melakukan lelucon dan kebohongan kepada kerabat dekat sebagai tanda jahil dan kesenangan saja. Kegiatan April Mob dapat dicontohkan seperti seseorang menyatakan cinta kepada seorang wanita bila di tolak mengucapkan “april mob” sebagai tanda bahwa wanita terseubt sedang dikerjai.

Hari April Mob masih berada dalam pro dan kontra karena sejarahnya belum jelas. Dalam salah satu situs rumahabi.com menjelaskan tradisi April Mop atau April Fools Day telah di kenal di negeri Perancis pada tahun 1582, pada pemerintahan Raja Charles IX. Kejadian ini bermula di saat Paus Gregory XIII melakukan modifikasi terhadap penanggalan, yakni semula 1 tahun adalah 10 bulan, diubah olehnya menjadi 12 bulan hingga seperti sekarang.

Akan tetapi dalam situs muslim  tradisi April Mop bermula dari pembantaian kaum Muslim Granada di Spanyol oleh pasukan Spanyol. Saat itu Granada merupakan daerah terakhir di Spanyol yang di taklukan oleh pasukannya. Setelah seluruh Granada terkepung dan di duduki, sipil Muslim bertahan dan bersembunyi di rumah mereka masing-masing. Kemudian tentara mengumumkan bahwa mereka akan membiarkan seluruh Muslim Granada keluar dari Spanyol dengan menaiki kapal-kapal yang telah mereka siapkan di pelabuhan.
Sejarah yang lansirkan menjadi polemik sampai sekarang karena tidak ada data-data yang akurat dalam asal usul hari april mob. Mengenai April Mob dalam sudut pandang mahasiswa menurut Didi Falenas mahasiswa FKIP 10 mengutarakan ketidaksetujuannya mengenai april mob.

 “Saya tidak setuju karena
adanya april mop, karena ketaulah april mop atau april fool's day adalah hari dimana umat muslim di spanyol ditipu dan dibantai.” tuturnya. Sedangkan menurut Rey Simamora AET 09 mengatakan “saya suka april mob”
Dalam sudut pandang yang diutarakan April Mob menjadi pro dan kontra di kalangan mahasiswa karena ada yang menafsirkan sebagai kesenangan dari kejahilan saja dan ada juga menafsirkan sebagai hari yang tidak ada manfaatnya terutama mahasiswa muslim.(kenzo)

1 komentar:

terima kasih atas komentar anda