Rabu, 18 April 2012

Sriwijaya Job Fair, Peluang para Pencari Kerja





GS.  Gedung Aula Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya selama dua hari kemarin dipadati oleh ribuan para pencari kerja. Hal ini terlihat saat acara Sriwijaya Job Fair yang dilaksanakan pada tanggal 10-11 April 2012. Acara tersebut merupakan hasil kerjasama antara jobsDB.com dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sriwijaya.

JobsDB.com juga bekerjasama dengan beberapa universitas lain di Indonesia, diantaranya Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Palembang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Musi Palembang. Dalam Sriwijaya Job Fair kali ini lebih sekitar 30 perusahaan ikut bergabung meramaikan acara. Di antaranya Bank Mandiri, BNI, Sriwijaya TV, Provident Agro, Sinarmas dll.

Menurut Wina, project supervisor dari jobsDB.com acara job fair seperti ini sudah beberapa kali diadakan di Palembang. Tujuannya tidak lain adalah memberikan kesempatan kerja para lulusan SMA/SMK/Sederajat hingga lulusan S1 yang belum mendapat pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di kota Palembang dan juga perusahaan yang bekerjasama tersebut dapat mendapatkan kandidat tenaga kerja sesuai keinginan.

Acara yang diprediksi mendapat peserta sebanyak 3500 pencari kerja tersebut sepertinya membuat antusias para pencari kerja terutama yang baru menyelesaikan pendidikan sekolah atau kuliah. Niwayan salah satu pencari kerja alumni Fakultas Ekonomi Unsri tahun 2011 mengaku sudah sejak siang hari datang ke lokasi dan membawa CV serta surat lamaran untuk diajukan ke perusahaan pilihnnya. 
“dalam kesempatan ini saya mengajukan lamaran ke beberapa perusahaan seperti Bank Danamon, Bank Mandiri, Sinarmas serta perusahaan lain dengan harapan dapat diterima di salah satu perusahaan tersebut.” ungkap Niwayan.


Sayangnya waktu pelaksanaan acara tersebut terbatas karena HRD hanya memberi  waktu selama dua hari. Niken, salah satu panitia open recuitment dari stan Provident Agro yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan CPO mengaku dengan terbatasnya waktu pelaksanaan, jumlah pelamar selama dua hari ini hanya kurang lebih 200 orang atau belum memenuhi target karena posisi pelamar dari jurusan Agroekonomi dan Teknik Sipil masih sangat sedikit padahal posisi pekerjaan dari alumni tersebut cukup banyak dibutuhkan. (Ddk/N.Intan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda