Senin, 16 April 2012

Part-Time Job UN, Mayoritas Mahasiswa Libur Perkuliahan

GS. Senin ( 16/04) ini merupakan hari pertama  Ujian Nasional (UN ) tingat SMA di seluruh Indnesia. Segala persiapan perangkat ujian dan panitia kegiatan Ujian Nasional sudah tertata rapih sesuai dengan yang direncanakan. Panitia kegiatan Ujian Nasional meliputi salah satunya yaitu pengawas ujian yang mayoritas terdiri dari dosen PTN dan PTS, mereka bertugas dalam mengawasi kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional agar tidak terjadi kecurangan. Dosen yang mengambil bagian sebagai pengawas kegiatan UN sendiri tergantung hak sendiri mau mengambil andil atau tidak karena tidak bersifat mengikat.

Di Universitas Sriwijaya sendiri, para dosen banyak yang tidak melakukan kegiatan akademik pada hari ini dikarenakan mendapat  tugas mengawas di-SMU daerah-daerah seperti Muaraenim, Sekayu , dan lainnya. Akan tetapi tidak semua dosen mengambil bagian dalam kegiatan UN dikarenakan ketidaktertarikan serta alasan tertentu. Seperti  Bapak Djak Rahman salah satu dosen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, ia merupakan salah satu dosen yang tidak mengambil bagian pada UN kali ini.

 “Dosen yang ada jam kuliah mengajar seharusnya tidak boleh meninggalkan waktu perkuliahan hanya  untuk mengambil bagian dalam kegiatan UN (Ujian Nasional. red) karena sikap seperti itu menunjukkan sikap yang tidak profesional dalam profesi sebagai kinerja dosen.” tutur beliau.


Selain itu dampak yang ditimbulkan kegiatan UN banyak mahasiswa yang terbengkalai kuliahnya sehingga tugas mengajar dosen tersita waktunya untuk kegiatan ujian nasional sedangkan mahasiswa tidak ada kegiatan kuliah kecuali praktikum untuk ilmu eksak.
“ Banyak mahasiswa yang merasa senang karena tidak ada perkuliahan sehingga bayak meliburkan diri dari perkuliahan dan ada juga yang menyesalkan perkuliahan ditiadakan dikarenakan ujian tengah semester yang ditunda”  ujar Yudi Teknik Mesin 10.(arf)

2 komentar:

terima kasih atas komentar anda