Sabtu, 21 April 2012

Hari Kartini = Hari Batik



GS. Berbagai cara di lakukan untuk memperingati hari kartini, seperti Hari ini wajah Unsri berbeda dari biasanya. Kampus Unsri dipadati oleh mahasiswa/i  yang mengenakan pakaian batik berwarna warni dengan berbagai motif. Hal ini  guna memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini Sabtu, 21 April 2012. 

Batik sekarang bukanlah hanya untuk kalangan orang tua saja, tetapi sekarang batik telah menjadi tren di kalangan kaula muda, termasuk mahasiswa. Tak heran jika hari ini banyak sekali mahasiswa yang menggunakan batik di setiap sudut kampus Unsri.

Peringatan Hari Kartini sendiri dimulai saat Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Salah satu mahasiswi Fasilkom menjelaskan Kartini merupakan sosok inspirasi dan mengenakan batik adalah salah satu cara untuk memperingati Hari Kartini.

“Kartini itu merupakan wanita inspirasi, dan untuk memperingatinya salah satunya dengan memakai baju batik”. Ungkapnya.(vta)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda