Minggu, 08 April 2012

AMSA FK Unsri, Selenggarakan Sosilisasi di 25 Sekolah Dasar




GS. Palembang, dalam rangka memperingati Post Conference Project 25th East Asean Medical Students’ Conference 2012, AMSA Fakultas Kedokteran Unsri di bawah naungan BEM FK UNSRI  mengadakan Acara “Sosialisasi Cuci Tangan dan Kebersihan Lingkungan”. Acara yang bertemakan Our Hands, Our Environment – Get Clean! Get Healthy! berlangsung dengan sukses. Sasaran utama acara ini yakni anak-anak SD karena anak-anak SD belum mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang banyak mengenai kesehatan terutama kebersihan tangan dan lingkungan. Anak-anak SD cenderung kurang memperhatikan kesehatan mereka. Seperti jajan sembarangan, sebelum makan tidak mencuci tangan dan membuang sampah sembarangan. Hal ini sering dianggap sepele namun pada dasarnya ini merupakan hal serius. Jika tidak di cegah akan menimbulkan banyak penyakit dan menjadi sumber penyakit.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2012 lalu ini bertujuan menumbuhkan kesadaran pentingnya cuci tangan dan menjaga kesehatan ligkungan sejak dini. Bukan hanya untuk anak SD, acara ini juga mengajak semua mahasiswa terutama mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk berperan aktif menjaga lingkungan. Kegiatan ini berlangsung di 25 SD Se-Kota Palembang. Dimana tiap sekolah terdapat kurang lebih 200 siswa. Mereka diajarkan mulai dari hal-hal terkecil seperti mengajarkan langkah – langkah mencuci tangan yang benar  yakni mencuci di sela-sela jari yang merupakan tempat berkembangnya flora normal bagi bakteri dan virus. Serta memperkenalkan sampah-sampah Organik dan Non Organik sehingga sampah bisa di daur ulang kembali menjadi pupuk. 

“Jika siswa-siswa SD sudah mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan maka diharapkan kebersihan dan kesehatan masyarakat kota palembang bisa lebih ditingkatkan.” Ujar Wira Dharma.

Ketua pelaksana acara ini yakni Wira Dharma Utama dari Pendidikan Dokter Umum FK Unsri menyampaikan rasa sangat bangga, sukses dan bersyukur atas berjalan dengan kegiatan ini dengan baik meskipun masih banyak kekurangan disana-sini. akan tetapi secara keseluruhan acara yang dilaksanakan ini berjalan dengan sangat baik dan penuh dengan apresiasi siswa-siswa SD yang ada dikota palembang ini.

Sosialisasi mencuci tangan bersih ini diadakan secara serentak di 25 SD di kota Palembang. Panitia kegiatan ini di bagi menjadi 25 kelompok yang berbeda. Secara keseluruhan, apresiasi yang diberikan oleh guru-guru sekolah dasar tersebut dan juga siswa-siswa sangatlah baik. Hal itu tercermin dari seriusnya siswa-siswa SD mendengarkan serta guru-guru dan Kepala Sekolah yang berkenan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa FK untuk mengajarkan pola hidup bersih sejak dini.

Afif yang juga merupakan salah satu pengurus AMSA yang ikut turun langsung kejalan menyampaikan rasa bangga dan syukur karena telah dapat berbagi ilmu dengan para siswa-siswa dan juga pelajar di kota palembang ini. Ia pun berharap untuk terus diadakan sosialisasi ini, mengingat kebersihan merupakan bagian penting dalam hidup. (Adis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda