Jumat, 13 April 2012

FKIP PGSD Selenggarakan Lokakarya Peningkatan Kualitas Praktikum Mata Kuliah IPA dan Matematika


GS. Dewasa ini banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan, salah satunya kualitas layanan praktikum. Dalam rangka memerangi masalah tersebut Universitas Sriwijaya Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar ) mengadakan lokakarya peningkatan kualitas layanan praktikum pada mata kuliah IPA dan Matematika.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa (10/04) sampai dengan Rabu (11/04/12) di ruang kesenian FKIP PGSD Universitas Sriwijaya kampus Palembang ini dihadiri oleh dosen mata kuliah IPA dan Matematika, mahasiswa PGSD kampus Indralaya dan Palembang, juga guru-guru SD Mitra. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pembantu Dekan I FKIP yaitu Prof. Mulyadi Eko Purnomo. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat meningkatkan citra akademik FKIP dan prodi PGSD demi kepentingan mahasiswa.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dra.Sukayati M,Pd selaku pembicara yang didatangkan khusus dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika ( PPPPTK ) Yogyakarta. Beliau memberikan materi seputar penggunaan alat atau media dalam pembelajaran matematika, memperkenalkan alat-alat tersebut  yang dibuat sendiri oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika ( PPPPTK ) Yogyakarta. Peserta lokakarya terlihat antusias mengikuti acara ini hingga selesai pukul 15.00.

Pada hari kedua, acara ini membahas tentang memahami ketrampilan proses SAINS untuk meningkatkan layanan praktikum pada mata kuliah rumpun IPA. Dengan menghadirkan pembicara yang berprofesi sebagai dosen progam study pendidikan biologi FKIP Universitas Sriwijaya yaitu Dra.Siti Huzaifah M,Pd. Pada kesempatan tersebut beliau memberikan materi seputar pembelajaran SAINS. Tujuannya agar para tenaga pendidik di bangku sekolah dasar seyogyanya lebih menekankan pada proses, siswa aktif selama pembelajaran untuk membangun pengetahuannya melalui serangkaian kegiatan agar pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Selain penyampaian materi dari beliau, peserta lokakarya mengikuti serangkaian kegiatan lainnya seperti Workshop Praktikum IPA. (tdy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda