Sabtu, 21 April 2012

Ibu Lasmini, Sosok R.A Kartini


Ibu Lasmini
GS. Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini dan mengenang jasa-jasa R.A Kartini dalam membela dan memperjuangkan emansipasi wanita. Pada masa kini, banyak dijumpai para wanita yang semangat merefleksikan perjuangan Kartini. Seperti Ibu Lasmini yang menjadi sosok seperti R.A Kartini dalam keluarganya.

Ibu Lasmini adalah seorang petani di Desa Telang I yang telah menekuni pekerjaannya sejak suaminya jatuh sakit. Beliau lahir didesa Telang sejak bermigrasi dari Jawa. Beliau memiliki 3 orang anak, 2 orang putra dan 1 orang putri.

Bu Lasmini bekerja menjadi petani untuk menghidupi keluarganya sehari-hari. Beliau mendapatkan bantuan pupuk dan obat tani subsidi dari pemerintah kota sehingga dana untuk pertaniannya tidak begitu menyulitkan baginya.

Tetapi yang mengecewakan bagi beliau adalah harga jual hasil produksi pertanian ibu Lasmini tidak memuaskan.
“Saya bekerja saja mas karna kalo saya tidak bekerja siapa lagi yang mau kasih makan keluarga kami” tutur Ibu Lasmini saat ditemui GS, Sabtu (21/04) siang.

Namun hal tersebut tidak membuat ibu Lasmini patah semangat. Keadaan keluarga yang menjadi pemicu semangat bekerja Ibu Lasmini. Peran Ibu Lasmini menjadi sosok ayah sekaligus ibu untuk keluarganya. Hasil pertanian yang beliau panen hanya cukup untuk menghidupi keluarganya saja. Sedangkan untuk kedua anaknya yang masih sekolah, beliau mencari uang dari hasil dagang makanan di depan rumahnya sebagai tambahan.

Pernah disaat Ibu Lasmini sakit,  beliau tidak dapat bekerja mencari nafkah. Hal ini membuat keluarganya  untuk berpuasa selama sehari. Akan tetapi beliau tetap sabar dan tabah dalam menjalani kehidupannya. Beliau bersyukur dengan keadaannya sekarang, karena walau kehidupan yang dijalani Ibu Lasmini susah, namun diluar sana masih ada yang lebih susah dari kehidupannya.(arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda