Senin, 27 Februari 2012

Penuaan Dini Akibat Laptop

            GS. Ketika musim liburan, banyak waktu luang yang dapat di isi dengan berbagai kegiatan. Bagi yang memiliki buget  yang banyak dapat mengisi liburan dengan jalan-jalan ke luar kota dan kalau mampu ke luar negri.  Untuk yang sedang tersendat dalam masalah ke uangan biasanya menghabiskan waktu liburnya di depan laptop khususnya mahasiswa seperti kita ini. Tapi tahukah jika sering berada di depan laptop itu tidak baik untuk kesehatan. Banyak gangguan saraf yang dapat terjadi akibat pemakain laptop yang terlalau lama dan intens.
                  Penyakit yang di akibatkan oleh penggunaan laptop secara intens sangat mengerikan yaitu penuaan kulit di usia dini. seperti yang di katakan oleh Dr Michael Preydzher, dokter spesialis kulit asal Inggris ini memberi peringatan kepada setiap orang yang harus bekerja di depan laptop selama berjam-jam. Ia sudah menemukan tanda-tanda penuaan dini pada sejumlah pasiennya yang terlalu lama menghabiskan waktu di depan komputer. Gejala penuaan dini akibat paparan laptop itu dikenal dengan istilah ‘computer face’. Ciri-cirinya: dagu berlipat, kulit leher mengendur serta muncul kerutan di sekitar dahi dan mata. “Jika Anda termasuk salah satu orang yang sering berkonsentrasi keras di depan layar laptop dan sering memicingkan mata, kerutan dini dijamin pasti akan muncul,” kata Preydzher seperti dikutip dari Genius Beauty. Untuk mengidentifikasi hal ini, Preydzher meminta setiap wanita untuk menempatkan cermin ukuran kecil di samping komputer mereka. Ini untuk mengamati perubahan pada wajah mereka setiap harinya. “Ketika klien saya meletakkan cermin di samping komputernya, mereka merasa ‘seram’ melihat wajahnya yang terlihat marah, lusuh dan stres selama bekerja,” Preydzher menambahkan. Untuk menghindari penuaan dini itu, Preydzher mengingatkan pentingnya istirahat  di sela-sela kesibukan dengan komputer. Olahraga yang dikhususkan melatih otot wajah dan leher juga harus dilakukan secara teratur.
                  Penyakit penuaan dini ini hanya salah satu penyakit yang di akibatkan oleh penggunaan laptop yang telalu intens. Memang laptop tidak dapat di dapat di pisahkan dari kehidupan sehari-hari apalagi kalau sudah menyangkut kehidupan mahasiswa seperti kita. tetapi dengan tulisan ini penulis berharap mahasiswa dapat mewaspadai dan mengatur waktu penggunaan laptop agar tidak terlalu intens. (Fivin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda