Sabtu, 02 Juli 2011

Terbit untuk Mahasiswa

     Berbagai kebutuhan memang selalu membayangi setiap langkah kehidupan manusia. Bagi kalangan akademisi, termasuk mahasiswa, aktualitas informasi merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi suatu kebutuhan tersendiri, karena wawasan, prestasi, dan bahkan kelangsungan studinya akan terganggu akibat kurangnya informasi yang didapatkan. Untuk itulah, pers kampus tampil sebagai sarana penyampaian informasi dan sarana komunikasi dalam lingkungan kampus yang merupakan jawaban terhadap kekurangan sarana informasi.
     Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya (LPM GS) Universitas Sriwijaya, yang secara resmi memulai jejak sejarah panjangnya pada tanggal 19 februari 1993, merupakan suatu organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas yang selalu bergerak aktif menjadi salah satu elemen vital penyelenggara pers kampus. Pada awal mula berdirinya, organisasi ini bernama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gelora Sriwijaya, yang diadopsi langsung dari media terbitannya yaitu majalah “Gelora Sriwijaya”, dengan markas redaksi di kampus Unsri Bukit Besar. Seiring dengan pemindahan seluruh aktifitas perkuliahan ke kampus Unsri Indralaya pada tahun 1995, maka basecamp organisasi inipun pindah ke gedung students center kampus Unsri Indralaya.
     Pada masa awal perpindahan ini, banyak terjadi gejolak dari kalangan mahasiswa, yang diakibatkan minimnya fasilitas yang tersedia di kampus Indralaya. Namun, perpindahan kampus yang tidak disertai pemenuhan seluruh fasilitas kampus ini tidak menjadikan organisasi ini serta merta menjadi lesu. Malahan, organisasi ini terus meningkatkan aktifitasnya, yang diakibatkan makin tingginya kebutuhan mahasiswa terhadap informasi baik dari dalam maupun luar kampus, yang ditandai dengan munculnya media informasi lain, selain majalah Gelora Sriwijaya. Hal inilah yang secara tak langsung menyebabkan pergantian nama organisasi ini menjadi UKM Penerbitan Kampus Mahasiswa (UKM PKM) pada tahun 1996. Barulah, pada tanggal 9 desember 2000, organisasi ini bernama Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya Universitas Sriwijaya (LPM GS UNSRI).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda