Selasa, 05 Juli 2011

Cerdas Berdiskusi

         Mungkin kita semua pernah berdiskusi. Dan tentunya juga dalam berdiskusi kita akan memberikan pendapat atau argument dan melakukan perdebatan untuk mempertahankan argument kita tersebut.  Berdebat dan beragumen merupakan dua hal yang tidak dapat dilepaskan dalam sebuah diskusi. Perdebatan terjadi karena adanya argument yang berbeda dari dua pihak atau lebih yang sedang berdiskusi. Namun seringkali dalam suatu diskusi terjadi perang emosi karena pihak-pihak yang berdiskusi tidak dapat mengendalikan diri mereka sehingga diskusi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.
           Sebagai kaum intelektual, selain ingin memenangkan pendapat dalam diskusi tentunya kita juga harus bisa menyampaikan pendapat kita dengan baik dan benar agar diskusi dapat berjalan dengan baik. Menurut Dra. Yuni Sulanjari dalam bukunya yang berjudul RETORIKA “Seni Bicara untuk Semua”, ada 5 rahasia dalam menyampaikan pendapat dengan baik dan benar serta tentunya ini juga merupakan tips dari beliau agar dapat menang dalam berdebat dan beragumen.
1. Dengan hati dan pikiran yang tenang. Ketenangan akan mengalahkan orang yang emosi.
2. Pakailah akal atau logika, jangan emosi. Sehingga dapat menyampaikan pendapat secara logis, sistematis, dan runtut. Jika ini bisa dilakukan lawan anda akan kalah. Sebalikya jika anda emosi, jawaban atau argument akan ngawur dan ini menjadi kelemahan anda yang mudah dipatahkan oleh lawan.
3. Kalau terdesak atau kalah argument, kita bisa mengiyakan lalu mengelak, seperti menggunakan kata, pendapat anda betul, tetapi …. (tidak begitu, ada kelemahannya, dst).
4. Atau dengan jurus pamungkas yaitu kita berpendapat apa adanya, dan kita pun tidak butuh kalah atau menang, yang penting pendapat anda seperti itu, silahkan kalau orang lain berbeda pendapat, ini jadi jalan terbaik dalam berdebat.
5. Jangan pula anda terpancing emosi dengan perkataan lawan, tetap anda bertahan dengan logika sehinnga pendapat anda yang logis akan bisa mematahkan pendapat lawan anda.
               Kita dapat menerapkan tips-tips tersebut dengan baik dan bijak dengan melihat situasi dan kondisi, karena dengan inilah kualitas kita ditunjukkan.



Sulanjari, Yuni. 2010. RETORIKA Seni Bicara untuk Semua. Yogyakata: SIASAT PUSTAKA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda