Rabu, 06 Juli 2011

Pagaralam, Kota 1000 air terjun




                Pagaralam merupakan salah satu kota di sumatera selatan yang berjarak  298 KM dari kota Palembang. Kota ini hasil pemekaran dari kabupaten lahat dan resmi ditetapkan menjadi kota otonom pada tanggal 21 juni 2001, meski di bilang baru berdiri namun pagaralam mampu menunjukan kepada semua masyarakat di nusantara dengan mendapatkan penghargaan dari presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2011 dengan peringkat kota kecil terbersih di seluruh Indonesia. Peringkat tersebut bukanlah mudah untuk didapatkan apalagi mengingat usia pagaralam itu sendiri masih terlalu muda,  sangat pantas memang kota ini untuk mendapatkan penghargaan itu di setiap sisi kota sangat bersih tidak terlihat sampah berkeliaran disana sini, udara nya juga sejuk, keindahan gunung dempo yang menjulang keangkasa dan kebun teh yang menghijau menambah keindahan kota imut ini, pas sekali dengan mottonya BESEMAH  yang mengandung makna Bersih, Sejuk, Aman, dan Ramah. Pemandangan seperti ini tentu sulit untuk didapatkan di kota kota metropolitan.
            Kota Pagaralam yang berbatasan dengan kabupaten Lahat di sebelah barat dan timur ini merupakan kota tujuan wisata favorit di sumatera selatan. Secara geografis terletak antara 4o L dan 15o BT dengan suhu berkisar antara 20–28 derajat C. Pada hari minggu atau liburan panjang kota perjuangan ini diserbu oleh wisatawan – wisatawan dari berbagai nusantara maupun mancanegara untuk merasakan keindahan alam kota pagaralam ini, hamparan kebun teh yang luas, gunung dempo yang perkasa, objek-objek wisata menjadi tujuan utama wisatawan untuk datang ke kota bunga ini. Di pagaralam ini terdapat  47 buah air terjun yang tersebar disekitar kota pagaralam, hal ini dibenarkan oleh kepala bidang objek wisata pagaralam melalui staf ahlinya mengatakan, “ pagaralam ini di kelilingi oleh 47 air terjun dan baru sekitar 13 air terjun yang telah ekspos dan bisa di kunjungi oleh wisatawan , saya yakin masih banyak lagi air terjun yang masih belum ditemukan dan kami akan terus berusaha untuk menemukan air terjun –air terjun yang lain yang tersembunyi di pagaralam ini “ ucapnya tegas.
            Di nusantara atau bahkan di mancanegara mungkin hanya pagaralam lah yang memiliki air terjun terbanyak, tak heran jika ada sebagian masyrakat yang menyebut kota pagaralam ini dengan gelar kota seribu air terjun karena memang terdapat banyak sekali air terjun di kota ini.
            meski terbilang banyak hanya ada beberapa air terjun yang bisa di kunjungi oleh wisatawan karena mengingat akses jalan yang belum memadai untuk mengunjungi air terjun tersebut. Air terjun yang sering di minati oleh wisatawan dan bisa untuk di kujungi antara lain air terjun Lematang Indah terdapat dikawasan Leamatang Indah dengan ketinggian mencapai  70 m dari permukaan sungai, Air terjun Tujuh Kenangan terdapat di kecamatan Pagaralam Uatra, Air Terjun Embun terdapat dikawasan gunung dempo dikecamatan pagaralam Utara, Air Terjun EmbunAir Terjun Curahan Kasih Bunda terdapat di kecamatan dempo tengah, Air Terjun Mangkok terdapat dikecamatan pagaralam Utara, Air Terjun Besemah terdapat di kecamatan dempo selatan, Air Terjun Muara Sindang, Air Terjun Padu Rasa, Air Terjun Muara Tenang, Air Terjun Cungkhu 7 Tingkat dll.
            Indah dan menarik, sejuk dan damai begitulah yang dirasakan wisatawan yang pernah berkunjung ke pagaralam, tidak terlihat kesan mengecewakan dari raut wajah mereka semua seakan berkata aku ingin kembali lagi ke kepangkuanmu kota bunga, namun sebagus dan seindah kota bunga ini masih banyak khususnya masyarakat semuatera selatan maupun  masyarakat di Indonesia pada umunya belum mengenal bahkan sampai ada yang tidak tahu dengan pagaralam mengingat letak kota pagaralam itu sendiri jauh dari kota provinsi butuh waktu yang panjang untuk mencapainya, Pemerintah menghimbau dan mengharapkan  kepada seluruh masyrakat Indonesia untuk berbondong-bondong mendatangi dan menikmatai keindahan kota seribu air terjun ini. Pada tanggal 26 – 29 oktober nanti akan diakan festival bunga di pagaralam yang salah satu tujuannya ialah untuk mepromosikan wisata kota pagaralam sebagai salah satu distinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara. Setiap tahun pun di pagaralam ini diadakan gebyar wisata dengan tujuan untuk menarik simpati masyarakat untuk mengujungi wisata – wisata yang ada di pagaralam.
            Pagaralam kaya dengan asset dan potensi yang bernilai tinggi dan luar biasa, serta sebagai kota tujuan yang handal, kota ini memiki suatu kenikmatan serta keindahan panorama alam didataran tinggi bumi besemah. Oleh sebab itu pemerintah kota pagaralam terus berupaya untuk membangun sarana dan prasarana kepariwisataan, hal itu dilakukan untuk menarik minta berkunjung dan memberikan kepuasan kepada wisatawan yang datng ke kota Pagaralam. Ucap wali kota Pagaralam H. Djazuli Kuris dalam salah satu sambutannya.

(oleh : agus santoso)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda