Jumat, 08 Juli 2011

Kemenristek BEM Unsri untuk “Sriwijaya Research University”

            GS. Kementrian riset dan teknologi atau yang disingkat dengan Kemenristek BEM Universitas Sriwijaya adalah salah satu kementrian yang ada di dalam BEM Unsri dan merupakan lembaga keilmiahan Unsri. Kemenristek BEM Unsri memiliki 2 bidang yaitu bidang pendidikan serta bidang riset dan teknologi dengan visi utamanya ialah mewujudkan visi besar Universitas Sriwijaya yaitu Unsri sebagai “Research University” dimata nasional maupun internasional nantinya. Untuk mewujudkan hal tersebut, kemenristek BEM Unsri memiliki misi yaitu bagaimana menanamkan sikap ilmiah dan keilmuan, baik dikalangan dosen maupun mahasiswa, sehingga suasana ini dapat diwujudkan di masyarakat nantinya.
           Agus Candra selaku ketua tim riset di bidang riset dan teknologi mengungkapkan bahwa dengan motto “wujudkan Unsri sebagai kampus riset” dan “menuju Unsri mandiri energi”, Kemenristek BEM Unsri ingin memfokuskan  diri pada riset energy, hal ini terbukti ketika menteri ristek Beni Saputra (Mipa Fisika) mempresentasikan makalahnya tentang PLTS Unsri di depan para mahasiswa dari seluruh Indonesia pada acara KENMI di ITB beberapa waktu lalu. “Untuk mendukung terwujudnya hal tersebut, kami telah mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya pelatihan menulis dan tes toefl, diskusi ilmiah, seminar, dan masih banyak lagi”, paparnya ketika di hubungi via telepon. Ia juga menambahkan bahwa kedepan Kemenristek BEM Unsri akan punya agenda besar, yakni lomba essay dan seminar energi se-Sumatera Selatan pada tanggal 16 Juli 2011, road show sepeda unsri pada bulan September dan membuka kelas diskusi tentang energi.
              Riset university merupakan langkah awal menjadikan Unsri sebagai kampus modern, karena dengan adanya upaya mewujudkan hal itu, tentunya nanti suasana kampus akan berubah dari yang semula bersikap apatis dan pragmatis menyikapi suatu masalah, menjadi lebih peduli, di tunjukkan dengan sikap-sikap ilmiah. Jika kita bercermin dengan kampus-kampus yang notabene sudah masuk level internasional, katakanlah UGM atau ITB, disana suasana keilmuan dan sikap-sikap ilmiah sangatlah kuat. Bahkan disana pada saat jam kosong pun mereka mencoba untuk mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti diskusi. Maka tidak jarang mereka dapat mengukir prestasi seperti PKM dan kompetisi robot di tingkat nasional maupun internasional.
           Jika Unsri berhasil menjadi The Riset University, Agus Candra berharap nanti Unsri bisa menjadi kampus yang go internasional. Saat ini adalah momen yang pas bagi kita untuk mewujudkan suasana riset dan teknologi di Unsri karena didukung dengan telah dicanangkannya Sumsel sebagai "lumbung energi nasional". Kita harus bisa memnfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.

(oleh : kurniahadi)
twitter : kurniahadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda