Kamis, 14 Juli 2011

Registrasi Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya kini tengah menyelenggarakan registrasi calon  mahsiswa baru untuk jalur SNMPTN Ujian Tulis/Keterampilan Tahun akademik 2011/2012. Para calon mahasiswa baru (maba) ini wajib melakukan registrasi karena apabila tidak akan dianggap gugur atau mengundurkan diri. Jadwal registrasi setiap fakultas yang telah ditetapkan oleh Universitas Sriwijaya dapat dilihat di www.unsri.ac.id. Tahapan registrasi yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru Universitas Sriwijaya adalah terlebih dahulu melakukan registrasi online dengan membuka situs www.reg.unsri.ac.id. Selajutnya melakukan pembayaran sesuai fakultas masing-masing di Bank BNI 46 bagi maba yang memilih Kampus Indralaya dan Bank SUMSEL BABEL bagi mahasiswa yang memilih untuk kuliah di Kampus Palembang. Setelah melakukan pembayaran di bank yang telah ditentukan, maba wajib mengikuti tes kesehatan demi mengetahui kondisi fisik dan bebas dari narkoba. Jika telah mendapatkan hasil dari pemerikasaan kesehatan maka barulah mahasiswa baru dapat meyerahkan berkas-berkas yang telah disyaratkan sebagai bahan untuk registrasi.        
Selasa (12/07) merupakan jadwal registrasi bagi Fakultas Hukum dan Fakultas Kesehatan Masyarakan yang lulus melalui jalur SNMPTN Ujian Tulis /Keterampilan. Hari ini mereka diharuskan telah melakukan pembayaran ke bank dan telah melakukan tes kesehatan serta wajib mengumpulkan berkas-berkasnya ke BAAK Unsri. Bagi maba yang akan mengumpulkan berkas-berkasnya ke BAAK tidak perlu khawatir akan kesalahan ataupun kekurangan informasi karena para mahasiswa tingkat atas dari masing-masing fakultas siap untuk melayani dan membantu maba dalam melakukan registrasi. Sehingga, hal ini dapat memudahkan bagi mahasiswa baru dalam melakukan registrasi. Apalagi bagi maba yang berasal dari luar Indralaya dan baru pertama kali menginjakkan kaki di kampus Unsri Indralaya, ada himpunan-himpunan mahasiswa dari setiap daerah yang juga dengan sukarela membantu para maba dari daerahnya masing-masing. Seperti halnya Ruben yang merupakan mahasiswa baru Fakultas Hukum asal provinsi Jambi. “…sangat memuaskan. kakak-kakaknya yang nyamperin kita. Terus ditanya adek dari fakultas apa? terus kita dibantu ngurusin semuanya untuk registrasi. pokoknya memuaskanlah”.
Berbeda dengan Ruben, M.Boy Cafri yang juga merupakan mahasiswa baru Fakultas Hukum, mengemukakan bahwa dirinya tidak mendapatkan pelayanan dan bimbingan dari kakak-kakak tingkat fakultasnya maupun dari himpunan mahasiswa asal daerah. Boy juga menyatakan bahwa tidak ada kakak tingkat yang peduli kepadanya sehingga dia harus mengurus semua urusan registrasinya sendiri. Di sini seharusnya para mahasiswa baru jangan malu bertanya apabila mendapatka suatu kesulitan dan membutuhkan bantuan. Padahal banyak sekali mahasiswa senior dari tiap fakultas yang dengan antusiasnya menaawarkan bantuan bagi maba yang membutuhkan bimbingan dalam mengurus registrasi. Bahkan mereka membuat posko khusus dan sepanduk untuk menyambut mahasiswa baru.
Banyak juga kesan-kesan yang didapatkan oleh mahasiswa baru saat melakukan registrasi. Mulai dari lelah dan ribetnya mengantri hingga mengurus berkas-berkas yang dibutuhkan untuk dikumpulkan ke BAAK. Para mahasiswa menyatakan bahwa lamanya mengantri saat melakukan pembayaran di bank bagi mereka yang melakukan pembayaran di Bank BNI 46 Indralaya sangat melelahkan. Selain itu, lamanya mengantri juga mereka temui saat melakukan tes kesehatan di klinik Unsri. Mereka harus rela mengantri satu hingga dua jam lamanya saat melakukan tes kesehatan maupun saat menunggu hasil tes kesehatannya.
Namun mereka juga tetap merasa senang karena telah dapat lolos sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Sriwijaya melihat dari ketatnya persaingan saat SNMPTN. Disini mereka yakin bahwa untuk menjadi bagian dari Universitas Sriwijaya tidaklah mudah sehingga mereka patut bersyukur karena telah dapat diterima sebagai bagian dari kampus ini.


(oleh : avia & veby)
twitter : dianiVB
              avia_nugra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda