Sabtu, 19 November 2011

Pramuka Unsri Gelar Pelantikan Dewan Racana

GS.Gerakan pramuka ( Praja Muda Karana ) sudah lama kita kenal sejak duduk di bangku sekolah dasar, kegiatan ini diajarkan untuk bersikap disiplin dan melatih minat dan bakat kita. Hingga di bangku kuliahpun kita masih menemukan kegiatan seperti ini. Tetapi lain halnya dibangku sekolah, di bangku kuliah kegiatan pramuka ini lebih banyak dan lebih bervariasi.
“pramuka di unsri ini masih perlu berbenah dan terus mengaplikasikan berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan yaitu forum racana yang akan dilaksanakan 3 bulan sekali,kemah dan bulan bakti pandega yang akan dilaksanakan bulan januari 2012 nanti di gelumbang.” Ungkap joko, pemangku adat yang akan dilantik saat ditemui anggota Pers sebelum acara dimulai .
Pramuka di Unsri sendiri berdiri 29 tahun yang lalu pada bulan Maret. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu adalah kegiatan menanam pohon di gunung dan beberapa kegiatan perkemahan yang dijuarai pramuka unsri di tingkat nasional. Mereka juga ambil andil jadi panitia saat jambore nasional lalu di teluk gelam dan juga Forum Rektor Indonesia-Thailand di Griya Agung. Pramuka juga akan melaksanakan KEMBARANAS yang diadakan 2 tahun sekali yang akan dilaksanakan di unsri pada 2013.
“kita mendapatkan kesempatan ini tidaklah mudah, setelah melalui proses seleksi yang ketat dan pesaing yang unggul di universitasnya masing-masing, salah satu syarat seleksi adalah kita harus menpunyai objek wisata yang bisa dinikmati dan haruslah menarik, dan alhamdulillah kita mendapat 9 suara dan akhirnya kegiatan nasional bisa dilaksanakan dipalembang dan seluruh biaya di tanggung oleh Dikti, dan kabarnya biayanya lebih besar dari tahun sebelumnya” ungkap karimah salah seorang alumni dari PRAMUKA unsri.
Seperti acara yang diselenggarakan pada  Kamis, 17 oktober 2011 kemarin adalah acara pelantikan para dewan racana baru yang terpilih setelah melalui proses musra yang dilaksanakan di LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat), kegiatan ini biasa lakukan saat kepengurusan baru. Acara ini dibuka dengan prosesi upacara pramuka dan di dihadiri para tamu diantaranya dari BEM Universitas Sriwijaya dan LPM Gelora Sriwijaya. Acara dibuka oleh Pembantu Rektor III pak Anis Saggaf. Pak anis berpesan kepada seluruh tamu dan anggota yang hadir “kita harus menumbuhkan kesadaran untuk memajukan universitas dan kebersamaan karena kegiatan apapun yang dilaksanakan secara bersama-sama akan mudah terlaksana”. Setelah acara selesai, diadakan prosesi foto bersama para tamu undangan dan PR III.(vita)


Dewan Racana Sultan Mahmud Badaruddin II :
Ketua              : Ases Robetia
Sekretaris        : M. Arif Rahman       
Bendahara       :Evan Pranata
Pemangku Adat :Joko

Dewan Racana Putri Rambut Selako :

Ketua              : Ika Hapsari
Sekretaris        : Nurleni Septika
Bendahara       : Ponirah
Pemangku Adat :Dela Heraini

2 komentar:

  1. alowhaa..
    salam pramuka.. mau tanya tentang pramuka nehh.. gimana ea cara ikut gabung di keluarga besar pramuka unsri? soalnya saya dari fk pdu unsri bukit. kalo di palembang ada gak pramuka unsrinya? makasihh.. ^_^

    BalasHapus
  2. saat ini, pusat kegiatan pramuka unsri berada di Indralaya.
    untuk informasi lebih lanjut, silahkan datang ke sekretariat pramuka Unsri kampus Indralaya, di depan gedung Lembaga Pengabdian Masyarakat.

    BalasHapus

terima kasih atas komentar anda